[Journal] I’ve Tried My Best

mikuta-brooklyn-bridge-new-york-8

Hari ini aku melakukan sebuah kesalahan. Tidak, mungkin bisa kau sebut bahwa kesalhan yang aku buat tidaklah begitu besar, namun apakah normal jika kesalahan demi kesalahan tanpa sengaja aku lakukan?

Sungguh, aku tak pernah merasa jika aku terlalu mudah untuk melupakan sesuatu atau menganggap semuanya begitu enteng. Dahulu, setidaknya aku melabelkan diri sebagai seseorang yang perfeksionis. Namun itu dahulu, dan kini sepertinya sudah jauh berbeda.

Aku selalu berusaha melakukan yang terbaik yang aku bisa. Aku selalu berusaha untuk menghindari setiap kecerobohan yang sering aku lakukan. Namun bodohnya, kesalahan demi kesalah seakan dengan sialnya datang padaku.

Namun, aku tak pernah sedikit pun merasa menjauh dari tiap masalah dan kesalahan yang aku perbuat. Aku selalu mengaku. Aku selalu bersedia untuk berdiri lantang dan mengatakan bahwa ya, aku salah. Dan aku berjanji aku akan melakukan yang terbaik untuk ke depannya—yang saat itu aku yakini bahwa aku akan melakukan yang terbaik nantinya.

Tapi, nyatanya—

Aku masih sarat melakukan kesalahn demi kesalahan. Yang entah mengapa semakin buruk tiap harinya. Tak masalah bagiku bila aku yang harus menanggung, namun bagaimana jika kesalahan yang aku buat tanpa sengaja lantas berdampak pada orang lain?

Apakah hanya aku yang selalu merasa bersalah? Apakah hanya aku yang merasa bahwa aku layak menanggung semua konsekuensi?

Sungguh aku tak pernah keberatan akan hal itu, meski terkadang aku juga merasa lelah. Merasa lelah untuk tiap kesalahan yang aku perbuat tanpa sengaja. Merasa lelah untuk mengaku dan merasa bersalah atas tiap kesalahan yang aku buat. Dan aku sudah merasa lelah untuk berjanji akan melakukan yang terbaik ke depannya.

Everyone did mistake, so that they can get better.

Aku selalu mempercayai pepatah itu. Bukankah semua melakukan sebuah kesalahan? Dan hal itu merupakan sebuah hal yang lumrah? Tapi mengapa? Mengapa aku tidak bisa sebentar saja melakukan yang terbaik hingga aku sedikit saja bisa membuktikan bahwa aku semakin membaik saat ini?

Aku tahu aku begitu bodoh. Aku tahu aku begitu ceroboh. Aku tahu mungkin rasa kecewa pernah kalian rasakan, namun pernahkah kalian sadar bahwa aku sudah berusaha? Berusaha untuk memberikan yang terbaik. Mengusahakan agar tidak ada satupun kesalahan yang tanpa sadar aku lakukan?

Percayalah aku sama sekali tidak mempermasalahkan bagaimana aku harus beridiri lantang dan menanggung semuanya—semua kesalahan yangpernah aku perbuat sengaja ataupun tidak. Yang aku minta hanyalah satu. Sebuah pengakuan bahwa aku setidaknya pernah berusaha begitu keras untuk memberikan yang terbaik.

February, 22 2018

11.37

Anonymous.

Advertisements

3 thoughts on “[Journal] I’ve Tried My Best

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s